Sunday, June 18, 2006

Google Earth for Jakarta-Indonesia


Gambar gedung 3 dimensi di Google Earth untuk kota Jakarta (Indonesia) sudah bisa diperoleh dengan men-download dari website Google 3D-Warehouse, gratis lho.. Untuk mempermudah pencariannya (karena banyak sekali), pakai saja kata kunci Jakarta, Indonesia atau Ciko (numpang beken ya..).

Cara instalasinya mudah kok..
Anda harus menginstal Google Earth dulu (saya pakai yang versi freeware), lalu cari gedung yang mau ditambahkan ke Google Earth anda dari link diatas. Di setiap diskripsi gedung ada tulisan:
Download to Google SketchUp or Google Earth or Google Earth 4 ?
Klik saja yang pilihan kedua, to Google Earth, lalu simpan ke folder yang dikehendaki. Ukuran file-nya kecil kok, hanya sekitar 22-100 kb, tidak seperti tampilan di website Google 3D-Warehouse yang sampai 300 kb. Enaknya sih sambil nunggu download sambil buka Google Earth dan biarkan hingga proses awalnya selesai.
Setelah proses download selesai, double klik pada file yang didownload tadi, tunggu prosesnya dan selanjutnya Anda sudah memiliki gedung baru sekarang.
Tampilan yang paling pas adalah No Terrain yah.. klo pake Terrain bakal tenggelam gedung-gedungnya..
Jika pada saat Anda menutup Google Earth ada pertanyaan apakah temporary file akan disimpan, klik YES supaya gedung tadi muncul untuk tampilan berikutnya, atau klik NO jika tidak menginginkannya.

Lalu bagaimana cara membuat atau mengeditnya? Anda bisa menggunakan software Sketch Up dari Google. Lagi-lagi, saya menggunakan versi freeware-nya.

Saat ini, saya baru sempat melengkapi gedung-gedung untuk di Jalan Thamrin hingga Bundaran HI, terus dari Bundaran HI ke Dukuh Atas (Jalan Sudirman). Untuk selanjutnya akan terus ditambah gedung-gedungnya terutama untuk Kawasan Silang Monas (Jalan Merdeka), Jalan Sudirman hingga Semanggi, lalu Semanggi - Patung Senayan. Sedangkan untuk Kawasan Kuningan, Gatot Subroto, Cawang, dan lain-lainnya masih kekurangan bahan nih.. Oo iya, seandainya rekan-rekan punya foto-foto gedung apa saja (tinggi lebih dari 30 meter atau 5 lantai), dengan senang hati saya menerimanya.. Trims.

Progres Update:
18 Juni 2006, Jl Thamrin - Bundaran HI, Bundaran HI - Dukuh Atas (Jl Sudirman)
20 Juni 2006, Dukuh Atas - Karet/Setiabudi (Jl Sudirman)

English:
Google Earth 3 Dimensional Building for Jakarta (Indonesia) has been uploaded into Google 3D-Warehouse website. Write Jakarta, Indonesia or Ciko for your keywords. Thanks.

41 Comments:

At 19 June, 2006 00:55, Blogger Ciko said...

Happy Downloading.. ;p

 
At 19 June, 2006 23:09, Blogger Ciko said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 
At 24 July, 2006 10:54, Anonymous Anonymous said...

wah boleh juga tuch mas,tapi cara pakainya gimana ya....misal kita ingin menghubungkan 2 titik, titik A ke titik B, apa bisa keluar garis lurus kayak di GPS gt,soalnya lagi butuh nich software tapi gak bisa pakai....:>

kalo bisa kasih tau donk.....

 
At 24 July, 2006 16:02, Blogger Ciko said...

hm.. pake GPS ya? hrs pake GE versi payware, utk versi freeware tdk bisa. saat ini saya msh memakai yg versi freeware, blm pernah mencoba.

 
At 24 August, 2006 21:53, Anonymous Anonymous said...

wow..
terima kasih banyak buat waktu dan usahanya mas ciko..
ukuran & bentuk geometrik gedung2nya detil & akurat sekali.
tetap semangat ya :)

 
At 14 October, 2006 17:42, Anonymous Anonymous said...

haloo... hebat euy.. saya juga baru mulai mendokumen gedung tua di Bdg rencananya mo saya bikin 3d-nyah... Gedung Merdeka, Hotel Preanger are on going.. tunggu yah nanti saya upload... bagi2 tips donk...Pake software apah? saya pake Microstation(bajakan hue..hue...) saya coba pake SketchUp tapi beurat euy soalnya titik2 ukurnya hasil impor-an gituh.... paling kalo udah jadi 3d baru di format skp

 
At 15 October, 2006 02:23, Blogger Ciko said...

waa.. saya baru tahu klo ada ada microstation. saya pake skecthup krn ada versi freeware dan simpel untuk upload ke google (sdh termasuk import file).

utk membuat model yg ringan klo di-render, saya buat bentuk utamanya saja krn semakin byk poligon akan semakin berat.

progres saat ini (10/2006) berhenti dulu krn hardisk barusan diformat, byk data yg hilang. pingin melengkapi gedung (tinggi minimum 30 meter atau 5 lantai) terutama di jalan protokol jakarta termasuk monorel.

 
At 15 October, 2006 16:57, Anonymous Anonymous said...

Micro semacam CAD juga cuma lebih enak & ringan ngebentuk 3d yg kompleks, saya pingin agak detail sih jadi 1 gdg lumayan lama bikinnya...
hmm.... mo nanya nih...ngukur lokasi & elevasinya pake apa? GPS? foto udara?
bikin sejauh ini cuma iseng atau ada obsesi lain?

 
At 15 October, 2006 23:00, Blogger Ciko said...

ngukur lokasi & elevasinya pake apa? GPS? foto udara?
- berhubung pake Sketchup (SU), saya jelasin yg saya lakuin ya. begini urutannya:
1. buka GE, lalu buka SU.
2. di GE, arahkan view pada lokasi gedung yg mau digambar 3D.
3. di SU, klik icon import background dr GE. nanti di SU sdh otomatismenentukan skalanya secara aktual.
4. di SU, gambar gedung 3D.
5. di SU, klik icon eksport ke GE, dijamin posisinya sama persis dg SU.
6. untuk elevasi gedung, saya hanya trial&error. biar enggak rumit, semua setting gedung yg saya buat menggunakan 'No terrain'.

bikin sejauh ini cuma iseng atau ada obsesi lain?
-iseng iya, obsesi iya sebenarnya hobby aja, saya senang foto-foto dr ketinggian. lumayan lama utk gambar thamrin-sudirman, tiap malam pulang kerja selama seminggu.

 
At 16 October, 2006 17:21, Anonymous Anonymous said...

OOh...gituh yah... maklum baru sekilas coba2 SU-nyah...makasih yah atas penjelasannya, jadi tambah semangat nih mo nyelesain punya sayah... (Bandung ga boleh kalah....)
...hmmm daripada trial&error cobain software Imagemodeler Realviz deh... cuma agak rese ngemodelnyah...hrs sabar... tapi keren buat ngukur foto digital

O yah katanya suka foto2 dari atas yah? Kalo punya foto Badung dari atas bagi2 yah.... :)

 
At 17 October, 2006 18:29, Blogger Ciko said...

Hehe.. hrs beli ke Pak Budi Atmoko:
http://www.geocities.com/tinbdg/aerial_survey.htm

Wistyo, Gedung Bandungnya dibuat dibuat 2 versi saja, high dan low resolution.

 
At 02 November, 2006 15:21, Anonymous Anonymous said...

salam kenal, saya Eky - pengguna baru GE. saya hanya ingin menympaikan salut saya kepada anda atas model-model yang anda buat di 3dwarehouse. walaupun sederhana namun sangat jelas bayangan saya tentang kota jakarta. Kira2 ada yang lebih mendetail, nga'?...

NB. Doakan saya juga agar bisa mem3dkan kota saya di Makassar.

Salam,

Eky

 
At 03 November, 2006 16:58, Blogger Ciko said...

Salam kenal Pak Eky,
Saat ini saya baru sempat membuat gedung yg low-resolution, itupun masing-masing sdh sekitar 30-100an kilobyte. Bayangkan jika untuk Jakarta jika ada ratusan gedung yg dibuat di GE, akan sgt berat komputer utk rendering 3D.
Tapi bagus juga ya klo dibuat versi high resolution utk master-piece.. hehe..
Ayo, ditunggu 3D Makasarnya. Saya belum pernah kesana. ;D

 
At 11 November, 2006 01:00, Anonymous Anonymous said...

Wah! saya sangggat menyukai gedung2 yang ada bikin Mas Ciko! Keep up the Good work!

BTW saya telah bikin
Gedung Sentra BDNI (317m) di Google Earth! Silahkan di lihat ama di tengok! sorry yah mas Ciko kalo memasarkan gedung karya saya di sini hihi

 
At 01 December, 2006 17:00, Anonymous Anonymous said...

Wah.. keren banget, salut deh ma usahanya!
di lanjutkan, d tunggu kreasi selanjutnya....

 
At 05 January, 2007 11:02, Anonymous Anonymous said...

bagus.....
sekalian bisa cari pesawat ADAM AIR yang jatuh awal januari 2007 ini sampai saat ini (5/01/2007) belum ditemukan. Sungguh kasihan!!!

 
At 12 January, 2007 14:29, Anonymous Anonymous said...

Aduh seh.. Nice work!

greetings from the Netherlands

 
At 19 January, 2007 04:21, Anonymous Anonymous said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 
At 19 February, 2007 03:35, Anonymous Anonymous said...

Gambar rumah monyet anda di atas tugu monas telah berhasil membuat malu kami warga Jakarta,selamat berbangga ria.

 
At 19 February, 2007 12:43, Anonymous Anonymous said...

fahrian,
selamat berkarya, bgs bgt gedung buatan anda.. ayo bikin lagi.. ;-)

budy,
terima kasih klo suka, semuanya dibuat saat waktu luang biar enggak melamun.. ;-)

 
At 19 February, 2007 12:45, Anonymous Anonymous said...

Anakonda,
klo anda warga Jkt yg jadi malu krn 'perbuatan saya', mohon maaf ya..

 
At 28 February, 2007 09:36, Anonymous Anonymous said...

saya tunggu aja ya versi bagusnya. very appreciated!

 
At 18 May, 2007 13:11, Anonymous Anonymous said...

Great job by putting this environment in 3D! I will be traveling soon to Jakarta so this info is really nice.

 
At 02 July, 2007 19:34, Blogger Unknown said...

wadoh...pengen buat model kota saya, denpasar. tp sayang di denpasar tinggi bangunan tdk boleh melebihi tinggi pohon kelapa. paling tinggi ya 4 lantai :(
* kecuali hotel bali beach

 
At 16 November, 2007 09:35, Blogger Thomas Wiradikusuma said...

congrats bro! gw salut liat hasil karya lo, keep up the good work!

NB: kalo lo mau lebih serius, coba bangunannya lebih dipoles supaya tambah mantab. gw yakin kalo karya lo bener2 "diseriusin", ntar ada yg tertarik untuk business deal atau apalah sama lo :-)

wiradikusma.blogspot.com

 
At 22 March, 2008 21:51, Blogger adya said...

tidak tahukah kalian..???
Indonesia "telanjang" di mata dunia..

 
At 18 June, 2008 01:03, Blogger -- said...

it's very nice
I like it
asik juga ya Jakarta pake 3d

madxxx animation 3d flash multimedia graphic design http://madxxx.freevar.com

 
At 26 June, 2008 15:40, Blogger bu melfa said...

OALAH...ternyata sampean ki jenius,,,,

 
At 11 September, 2008 11:17, Anonymous Anonymous said...

oi om mau tanya nih itu foto tahun brp, kalo bs yg trbaru donk jgn taun jebot.weheheh
oi om bisa buat yg live ga kalo bisa salut bgt daqh gw.wahaha

 
At 08 October, 2008 05:36, Blogger Ir_green78 said...

Sukses Berkarya Selalu..! Mas Ciko knapa setiap kali buka google earth data yg muncul juli 2005, aku kan pengen data 2008? Nah gmna supaya bisa buka data 2008! Bantu donk? trm kash.

 
At 07 February, 2009 01:08, Blogger okiz said...

Mas ciko, saya mau tanya nih gimana cara untuk menjernihkan peta yg ada didaerah saya (manismata, kalimantan barat) ? saya pak GE freeware.

 
At 24 March, 2009 07:50, Blogger Suharto said...

Bagus. Tahu ga Mas, alamat untuk instal Google earth yang benar? Saya cari2 kok gak ketemu.

 
At 27 April, 2009 10:51, Blogger And33 said...

wah asik nih, tapi ntar kalo dah di donlod trus di edit, apa masih bisa di aplod ke google earth?

 
At 30 May, 2009 01:02, Blogger NTAH said...

Mau tanya om... daerah gw jambi sumatra kok belum muncul di GE rumah2 nya baru sebagian aja. bisa ga ya ditampilkan.

Tq

 
At 03 June, 2009 15:21, Blogger Ciko said...

Dear all,

tak terasa sdh 3 thn yg lalu saya bermain GE & Sketchup (freeware version). Jadi tampilan gedung blm bisa ditambah "skin". Penambahan skin hanya bisa menggunakan payware version.

Saya membuat bangunan agar memiliki sedikit mungkin jumlah polygon, maksudnya agar lebih mudah/ringan saat di-render oleh GE.

Untuk mempermudah proses download, saya membuat beberapa gedung menjadi 1 zona, misalnya kawasan Thamrin Utara, Thamrin Tengah, Bundaran HI, Sudirman Utara, dsb. Untuk kawasan Setiabudi, Semanggi-Fatmawati, Gatsu dan halte busway juga blm sempat dibuat. Semoga banyak rekan-rekan yg mau menambahkan.

Untuk referensi gedung yg akan dibuat, saya hanya melihat gedung tsb saat lewat, serta mencari referensi di internet.

Siapapun juga bisa merevisi dan melengkapi gedung dr file aslinya, kemudian Anda bisa meng-upload lagi. Untuk memperbaiki resolusi GE, sepertinya hrs dr GE.

Selamat berkarya.

 
At 06 July, 2009 14:32, Blogger Unknown said...

Modelnya bagus banget, kalo ada skin-nya pasti lebih bagus lagi.. Sy ada beberapa foto yang mungkin bisa membantu. Sebenarnya saya ingin sekali menambahkan skin pada model Anda, tapi itu model orang lain, saya ga berani haha..

 
At 06 July, 2009 14:41, Blogger Unknown said...

Sekedar info, ada komunitas yang ingin men-sketch up kan jakarta. Kalo berminat bisa berkunjung ke http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=450970

Oh iya, saya juga bikin beberapa gedung di 3d warehouse. Sila tengok..

 
At 06 July, 2009 16:24, Blogger Ciko said...

Hafidh, model tsb hanya dibuat krn "iseng" utk ngomporin yg lainnya.. silahkan diteruskan saja.. hehe..

 
At 29 July, 2009 11:00, Blogger Siswantono said...

Mas Ciko, saya berniat untuk mempercantik model PLAZA INDONESIA nya, dibuat real dengan texture. Saya ingin confirm, dimensi (tinggi) yang dibuat sama mas Ciko tersebut sudah akurat apakah hanya asumsi?

Ini model2 saya yang lain http://sketchup.google.com/3dwarehouse/search?uq=15725178046922800184&scoring=m

Terima kasih

 
At 21 August, 2009 23:37, Blogger Unknown said...

Ciko.. Coba deh berkunjung ke sini..

http://sketchup.google.com/3dwarehouse/cldetails?mid=adffe355537ade0ceb139a90ef235492&ct=mdcc

di situ ada semua bangunan 3d Google Earth yang udah photo-textured, hampir semua di-accept Google (paling 2-3 model yang belum di-accept)

 
At 01 December, 2009 04:06, Blogger Unknown said...

Apa kabar Bung Ciko? :)
Sudah 4 bulan berlalu, sekarang Jakarta di Google Earth makin rame aja lho.. Total sudah ada 153 bangunan di Jakarta. Mohon dukungannya ya biar bisa tambah banyak lagi.

 

Post a Comment

<< Home